Grosir Vitamin

Grosir Vitamin – Efek Samping Terlalu Banyak Vitamin D

Grosir Vitamin – Memiliki cukup vitamin dalam makanan Anda penting, tetapi mungkin saja overdosis vitamin D. Efek samping dari terlalu banyak Vitamin D adalah hasil dari penumpukan tingkat racun dalam tubuh selama periode waktu tertentu.

Sementara suplemen Vitamin D dosis ekstrim bisa berbahaya, overdosis Vitamin D tidak disebabkan oleh paparan sinar matahari. Tubuh Anda mensintesis Vitamin D dari paparan sinar matahari, yang diatur oleh umpan balik negatif untuk mencegah toksisitas. Dalam waktu sekitar 20 menit setelah terpapar sinar matahari (lebih atau kurang, tergantung warna kulit), kulit mencapai titik jenuh Vitamin D dan menghentikan proses sintesis.

Namun, ada beberapa orang yang merasa sedikit terlalu senang dengan suplemen mereka, termasuk Vitamin D. Efek sampingnya dapat bertambah seiring waktu dan mencakup berbagai gejala, mulai dari gatal dan sulit tidur hingga gagal ginjal.

Apa Penyebab Overdosis Vitamin D?

Overdosis vitamin D paling sering terjadi ketika seseorang mendapat banyak paparan sinar matahari, menikmati makanan yang mengandung vitamin D dalam jumlah tinggi, dan melebihi dosis yang direkomendasikan dengan suplemen Vitamin D. Jika Anda mengonsumsi multivitamin berkualitas dan mendapatkan sinar matahari yang cukup, Anda mungkin tidak perlu mengonsumsi vitamin tambahan sama sekali. Menggandakan suplemen dalam bentuk apa pun dapat menyebabkan masalah, terutama dengan vitamin yang disimpan di dalam tubuh. Pada orang dewasa yang sehat, mengonsumsi lebih dari 40.000 IU Vitamin D dapat menyebabkan keracunan setelah beberapa bulan.

Overdosis vitamin D menyebabkan sesuatu yang disebut hiperkalsemia, atau terlalu banyak kalsium dalam darah. Jika hiperkalsemia tidak diobati, maka akan mengakibatkan kelebihan timbunan kalsium di jaringan lunak dan organ seperti ginjal, hati, lambung, paru-paru, dan jantung, sehingga menyebabkan nyeri dan bahkan kerusakan organ. Kami Grosir Vitamin menyediakan berbagai vitamin.

Baca Juga: Ketahuilah Manfaat Yang Ada Pada Vitamin

Mengonsumsi vitamin D dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan efek samping yang umumnya dimulai dengan hilangnya nafsu makan, mual, dan muntah. Ini sering diikuti oleh gatal-gatal, kelemahan, insomnia, gugup, depresi umum, buang air kecil berlebihan, rasa haus yang berlebihan, dan dalam kasus yang ekstrim, gagal ginjal. Gejala overdosis lainnya termasuk pertumbuhan tulang yang tidak normal, diare, mudah tersinggung, penurunan berat badan, dan depresi berat.

Siapa Berisiko Efek Samping Ini?

Orang dengan kondisi medis tertentu seperti hiperparatiroidisme lebih sensitif terhadap vitamin D dan lebih rentan mengalami hiperkalsemia jika mereka mendapat terlalu banyak vitamin D.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *